Sabtu, 25 Agustus 2012

Puragabaya XI : LOLOS DARI KEPUNGAN (Roman Sejarah Zaman Kerajaan Pajajaran)

Penulis : Saini K.M.
Penerbit : PT Sanggabuwana 1977
Bahasa : Indonesia
Tebal : 94 halaman
Kondisi : bekas-cukup
Ukuran : 14,5x21cm

-SOLD-

Deskripsi :
Di Jawa Barat pencak silat sejak zaman pemerintahan raja-raja Sunda dahulu kala sudah sangat populer sebagai olahraga dan kesenian beladiri. Sampai sekarang terkenal gaya dan sistem pencak "Cikalong", "Cimande", dan "Sabandar", dsb. yang diakui bernilai cukup tinggi.

Zaman kolonial Belanda kepandaian pencak silat itu pernah dipraktekkan untuk membela diri terhadap keganasan si penjajah. Para santri dari Pesantren "Caringin", "Cantayan", "Kandanghaur" dsb, dalam pemberontakan yang digerakkan oleh Partai Komunis pada akhir tahun 1926 di Jawa Barat, demikian juga para santri murid Kyai Haji Hasan, ajengan di "Cimareme" dekat Garut, telah membuktikan keampuhan seni beladiri pencak silat.

Sayang sekali dewasa ini kesenian dan olahraga beladiri pencak silat yang khas bercorak nasional itu tampaknya mulai disaingi oleh seni beladiri impor dari Jepang dan Cina, yang masuk melalui media film dan literatur. Dalam bidang literatur para pembaca mulai diperkenalkan pada cerita silat Cina berupa hidangan kisah sambung (feuilleton). 
Berangkat dari rasa kekhawatiran itu, maka buku "Roman Sejarah Pajajaran" ini dibuat dengan mengambil tema utama Puragabaya (pasukan khusus Pajajaran), dengan harapan dapat menarik perhatian para remaja angkatan muda generasi penerus bangsa.

Roman Sejarah Pajajaran dari seri Puragabaya ini berjudul "Lolos Dari Kepungan", merupakan seri ke 11 dari 12 seri yang pernah dimuat di harian Pikiran Rakyat Bandung. Roman Sejarah Pajajaran ini banyak menceritakan kisah-kisah kependekaran yang tentunya tidak sedikit menggunakan referensi dari seni bela diri pencak silat.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar